Thursday, June 27, 2013

12:09 AM Posted by Debby Anggraeni 1 comment Posted in
Posted by Debby Anggraeni on 12:09 AM with 1 comment | Categories:
Penting untuk mengenali jenis kulit terlebih dahulu sebelum menggunakan suatu produk untuk perawatan kulit wajah.Kenapa begitu?? Karena tidak ada gunanya jika anda membuang uang untuk membeli berbagai produk perawatan kulit kalau anda sendiri tidak tahu jenis kulit anda. Kunci utama untuk melakukan perawatan wajah adalah menganalisis jenis kulit anda terlebih dahulu. Namun, perlu anda ingat bahwa jenis kulit wajah akan berubah mengikuti masa.

Wajah adalah bagian tubuh paling sensitive dan rentan terhadap kerusakan karena sering terkena kotoran dan sinar matahari serta memiliki kelenjar minyak paling banyak dan tiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Nah…ORIFLAME mau bagi-bagi tips nih, supaya anda lebih mudah untuk mengetahui jenis kulit anda sendiri. Caranya mudah, siapkan sehelai tissue kering/kertas wajah dan usapkan tissue pada wajah anda pada pagi hari ketika anda baru benar-benar bangun tidur.  

Berikut 5 jenis kulit yang perlu anda ketahui, antara lain:

1.       Kulit Normal

Jika Anda mengusapkan tissue pada wajah anda dan tidak meninggalkan bekas minyak, maka kulit anda termasuk kulit normal. Jenis kulit ini adalah jenis kulit yang didambakan tiap wanita. Kulit normal adalah kulit yang halus dan lembut serta tidak mengkilap. Biasanya wanita yang memiliki jenis kulit normal, warna kulitnya sedikit merah muda karena sirkulasi darah lancar dan kulit terlihat sedikit lembab, pori-pori kecil atau bahkan hampir tidak terlihat. Meskipun jenis kulit ini tidak merepotkan, namun tetap dibutuhkan perawatan untuk menjaga elastisitas kulit wajahnya. Pilihlah produk perawatan kulit anda dengan teliti dan jangan bergonta-ganti kosmetik karena dapat menyebabkan iritasi.  



2.       Kulit Kering
Jika Anda mengusapkan tissue pada wajah anda dan tidak meninggalkan bekas minyak, maka kulit anda termasuk jenis kulit kering (sama seperti kulit normal). Perbedaanya adalah  kalau kulit kering, setelah anda sapukan tissue ke wajah anda, wajah anda terasa kering, kencang atau bahkan pecah-pecah karena kelembabannya berkurang. Kulit kering adalah kulit yang halus dan pori-porinya tidak terlihat dengan jelas karena kekurangan produksi minyak dari kelenjar sebaceous. Kulit kering memiliki kecenderungan untuk penuaan dini dan rawan kerut. Perlindungan secara konstan sangat penting dilakukan dan produk yang digunakan harus ringan. Gunakan day cream/pelembab yang mengandung SPF pada siang hari untuk melindungi kulit dari sinar UV serta menjaga kelembaban kulit, dan gunakan juga night cream untuk menutrisi kulit pada saat anda tidur malam.



3.       Kulit Berminyak
Jika anda mengusapkan tissue pada wajah anda dan meninggalkan noda minyak  dibagian pipi, hidung dan dahi itu tandanya kulit anda termasuk kulit berminyak. Jenis kulit ini merupakan jenis kulit yang menjadi keluhan utama wanita, karena dengan kelenjar minyak yang memproduksi berlebihan, kotoran dan debu akan mudah menempel di wajah yang pada akhirnya akan menimbulkan komedo dan  jerawat. Kulit berminyak disebabkan oleh kelenjar sebaceous yang terlalu aktif sehingga pori-pori dapat dilihat dengan jelas. Merawat kulit jenis ini agak susah dan pilihlah produk kecantikan yang tidak mengandung minyak. Pilihlah produk yang berdasar air dengan tujuan untuk mengurangi produksi pada kelenjar minyak. Cuci muka secara teratur agar jerawat dapat berkurang dan hindari makan-makanan yang mengandung banyak minyak seperti gorengan J


4.       Kulit Sensitif
Jenis kulit ini sangatlah kering dan sangat mudah iritasi. Ciri-ciri kulit sensitive biasanya berwarna kemerahan, gatal-gatal dan meninggalkan noda. Kulit sensitive paling sulit dirawat, karena rentan terhadap bahan-bahan kimia dan sinar matahari/perubahan cuaca ekstrim. Penyebab kulit sensitive berbeda-beda pada tiap wanita, tapi umumnya terjadi pada wanita yang sering melakukan perawatan peeling atau dengan metode pengelupasan. Wanita yang memiliki riwayat alergi atau penyakit genetis juga umumnya memiliki kulit sensitive. Kulit jenis ini memerlukan perawatan ekstra dan hati-hati, seperti menghindari produk kecantikan yang mengandung fragrance/parfum, utamakan yang hypoallergenic. Hindari kontak langsung dengan sinar matahari, gunakan tabir surya pada wajah sebelum melakukan aktifitas di luar rumah. Dan yang perlu anda ketahui, jangan gonta-ganti produk kecantikan karena akibatnya akan sangat fatal pada kulit.


5.       Kulit Kombinasi
Jenis kulit ini banyak dimiliki wanita. Nah…kalau tissuenya meninggalkan jejak minyak pada area T (hidung dan dahi), tapi bersih dan kesat di bagian pipi itu tandanya anda termasuk jenis kulit kombinasi. Untuk jenis perawatan juga memerlukan dua perawatan jenis kulit yang berbeda. Gunakan masker wajah khusus kulit kombinasi agar kulit yang kering tetap lembab dan kulit yang berminyak tetap terkontrol aktivitas produksi minyaknya. Ketika sedang keluar, gunakan toner pada daerah kulit yang berminyak dan pelembab di bagian wajah yang kering.


Nahh..sekarang udah pada tau kan apa jenis kulit wajahnya? Jangan sampe salah pilih produk yaa.. :)


Sumber : Product Trainer Oriflame Semarang



1 comment:

  1. Playtech signs $4.9bn deal with US gambling operator
    PLAYTECH, a leading iGaming software developer and provider 수원 출장마사지 of integrated games, has signed an 의왕 출장샵 online gaming 김천 출장마사지 division 영주 출장샵 with Playtech. 수원 출장샵

    ReplyDelete